Mobil diecast populer: Antara Hot Wheels dan Tomica

Nama Hot Wheels sebagai produk replika mobil dalam bentuk mini saat ini sudah berkembang menjadi sebuah nama hobi. Popularitas Hot Wheels tak lepas dari berkembangnya komunitas penghobi dan kolektor Hot Wheels. Selain Hot Wheels, berkembang pula komunitas diecaster Tomica yang diproduksi oleh Tomy Co dari Jepang. Produk Tomica berbeda dari Tomica World, yang merupakan mainan bermesin berbentuk kereta, kendaraan dan perlengkapan lain yang dibuat oleh Tomy Co dari UK sejak akhir 1990’s.

Hot Wheels

Sebagai produk diecast mobil mainan, Hot Wheels memang merajai pasar mainan Indonesia, bahkan dunia, selama lebih dari satu dekade. Tak hanya anak-anak, peminatnya sebagian besar justru orang dewasa. Saat ini, Hot Wheels sudah bukan sekadar mainan,  tetapi juga menjadi lahan investasi.

Hot Wheels (biasa disebut HW begotu saja) mulai populer di Indonesia sejak tahun 2002 setelah beberapa iklannya muncul di televisi di setiap akhir pekan. Daya tarik utama Hot Wheels adalah ukurannya yang kecil dengan detail desain sama persis dengan mobil versi aslinya.

Mobil mainan HW biasanya merupakan replika dari mobil asli. Umumnya dengan skala 1/64. Meskipun demikian, ada juga mobil mainan HW yang berasal dari karya imajiner dan khayalan.

Terpisah dari paket penjualannya, saat ini produsen HW, Mattel Inc, juga menyediakan lintasan yang dibuat khusus untuk mobil-mobilan berukuran 6-9 cm itu.

Di Indonesia, Hot Wheels biasa dijual antara Rp17.000 hingga Rp25.000 per unit. Sedangkan dalam sejumlah edisi khusus dan terbatas, mobil yang memiliki lebih dari 200 lisensi resmi dari produsen mobil di dunia itu juga hadir dengan harga mencapai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Dalam hal mengoleksi Hot Wheels, seperti terlihat pada komunitas Kaskus Hot Wheels Lover, ada beberapa tipe kolektor, yakni kolektor yang membeli untuk dipajang dan kolektor yang membeli untuk diadu di lintasan.

Adu Hot Wheels di lintasan bukan hanya soal balapan, melainkan adu tabrak yang cukup ekstrem. Namun karena mobil mainan itu dibuat dari logam, para kolektor tak perlu khawatir koleksinya akan rusak ketika bertabrakan,

Selain sebagai mainan, tak sedikit pula kolektor dan penghobi Hot Wheels menjadikan mainan itu sebagai investasi. Pasalnya, mereka meyakini suatu saat mobil mainan yang sebelumnya dibeli dengan harga standar dapat dijual kembai dengan harga selangit.

Setiap tahun, HotWheels selalu mengeluarkan katalog terbarunya. Untuk saat ini, katalog hotwheels 2009 sudah keluar. Jumlah setiap tahun pun berubah – ubah. namun biasanya diatas 160 model. Untuk model yang tahun ini sudah keluar, maka tahun depan tidak akan keluar lagi. kalaupun keluar, tentunya ada perbedaan di warna cat, tampo(decal), atau ban.

Disetiap katalog, mobil di bagi – bagi berdasarkan jenisnya. Ada ‘First Edition’, ‘Track Star’, ‘Team’, dan ‘Treasure Hunt’. First Edition merupakan jenis HW yang baru keluar pada tahun itu. Mobil dari jenis Track Star sangat cocok untuk dimainkan diatas track. karena biasaya mobil dari jenis ini memiliki kestabilan yang tinggi. kadang juga ada jenis yang bodinya terbuat dari plastik namun chasisnya terbuat dari besi. seperti mobil Subaru Impresa tahun 2007. Team merupakan jenis mobil yang memiliki tema atau memiliki kesamaan tertentu. biasanya satu team terdiri dari empat mobil.

Saat ini, hotwheels dijual dengan harga 19000 perbuahnya. memang ini harga yang mahal untuk sebuah mobil seukuran segitu. tapi jangan salah, kekuatan mobil mainan hotwheels lebih baik ketimbang mainan lain yang lebih murah. Mobil ini bisa di mainkan di Track atau jalur yang sudah disediakan dan dapat di beli secara terpisah.

Hot Wheels yang banyak diburu

Koleksi langka (jarang di temukan di tempat umum atau mungkin karena belum keluar, atau juga karena memang di produksi sedikit) yang paling diburu adalah jenis Treasur Hunt (TH), Nissan 350z tahun 2008, VW Beatle tahun 2008 dan lain-lain. Dari sisi keunikannya, banyak kolektor memburu Batmobile, La Troca, Morris Mini Cooper pop up dan sebagainya.

TH memang koleksi limited edition (langka) dari seri HW. Ciri dari TH adalah adanya tulisan “T-Hunt” di sisi sebelah kanan dengan label berwarna “hijau”. Belakangan muncul jenis  ‘Treasur Hunt $’ yang berbeda dengan TH biasa. TH$ memiliki cat yang lebih baik, biasanya dengan cat yang warna dop ataupun juga lebih glossy. Rims atau Velk roda juga berbeda, lebih realistik dan cantik.

Ban untuk Treasur Hunt $ juga terbuat dari karet bukan dari plastis seperti TH biasa. Harga jual TH$ paling murah 150rb. Kalau TH biasa relatif mudah dan semakin hari semakin kurang populer karena semakin mudah dan banyak dijumpai di mana-mana.

Sejak Januari 2013, versi T-Hunt sudah tidak ada lagi di katalog HW, termasuk T-Hunt$. Sebagai gantinya. HW mengeluarkan mobil dengan menggunakan “ban karet” dan “cat khusus”. Mirip dengan varian T-Hunt$. Bedanya, mobil ini berasal dari seri Reguler. Di kalangan kolekter, biasa disebut dengan istilah “Secret T-Hunt”.

Hot Wheel paling langka dan paling diburu 2014-2015

Seperti dilansir situs jual beli online Ebay pada Oktober 2014, berikut ini ada lima diecast Hot Wheels termahal sekaligus terlangka di dunia.

  • Diecast Hot Wheels Red Barron
Diecast Hot Wheels Red Barron (ebay.com)
Diecast Hot Wheels Red Barron (ebay.com)

Hot Wheels seri Red Barron merupaan diecast berbentuk mobil klasik dengan warna dominan merah metalik. Pada sisi interior, mobil itu sudah dilenkapi denan jok berukuran mini berlapis kulit, hal itu tentunya berbeda dengan seri Hot Wheels pada umumnya yang hanya terbuat dari plastik keras.

Bagian terunik dari diecast itu adalah bagian atas mobil yang berbentuk topi prajurit Nazi dengan warna perak.

Di seluruh dunia, mobil ini hanya berjumlah 10 unit. Untuk mendapatkannya perlu merogoh kocek hingga US$3.000 atau setara Rp36 juta per unit.

  • Diecast Hot Wheels Mad Maveric
Diecast Hot Wheels Mad Maveric (ebay.com)
Diecast Hot Wheels Mad Maveric (ebay.com)

Mad Maveric  merupakan diecast Hot Wheels pertama yang menggunakan sasis berjenis Mad. Dari segi desain, memang mobil itu merupakan tipe monster car yang dapat menghadapi adu tabrak yang sangat ekstrem sekalipun.

Mobil itu menjadi sangat spesial karena tak banyak diproduksi, selain itu diecast berwarna silver itu juga merupakan mobil legenda pada masanya.

Meski tak pasti berapa harganya, banyak pihak menyebut harganya mencapai US$5.000 atau sekitar Rp60 juta per unit.

Diecast Hot Wheels White Enemel Camaro

Diecast Hot Wheels White Enemel Camaro (ebay.com)
Diecast Hot Wheels White Enemel Camaro (ebay.com)

Sekilas tampak tak ada sentuhan spesial pada diecast varian Camaro itu. Namun ternyata White Enemel Camaro merupakandiecast  bersejarah Hot Wheels  karenadiecast itu adalah produk Hot Wheels pertama di dunia. Untuk memilikinya mungkin akan sangat sulit, karena pada masa itu belum banyak yang membeli produk Hot Wheels, kalaupun ada yang membeli mungkin mainan itu telah hilang dan hanya sedikit kolektor yang memilikinya.

Diecast Hot Wheels Cheetah Base Python

 

Diecast Hot Wheels Cheetah Base Python (ebay.com)
Diecast Hot Wheels Cheetah Base Python (ebay.com)

Varian diecast termahal selanjutnya datang dari pabrik Hot Wheels di Hongkong. Jika pada diecast Maveric namanya mendapat tambahan Mad, maka Cheetah adalah satu-satunya produk Hot Wheels yang berganti nama setelah diluncurkan.

Pada awal produksinya, Hot Wheels Cheetah Base Python memiliki nama Cheetah. Setelah beberapa hari produk itu diluncurkan, ternyata seri Hot Wheels itu menyulut sengketa dengan pemilik hak paten dari mobil Cheetah.

Sebagai tanda maaf Hot Wheels kepada produsen Cheetah, maka diecast Cheetah pun ditarik dari pasaran dan diterbitkan kembali dengan nama Python. Karena pergantian nama itulah diecast Hot Wheels produksi Hongkong itu kini menjadi langka.

Bersyukur bagi para diecaster yang sempat membeli seri itu pada hari pertama peluncurannya. Sebab kini harganya mencapai US$10.000 atau lebih dari Rp100 juta.

Diecast Hot Wheels VW Beach Bomb

Diecast Hot Wheels VW Beach Bomb (solopos.com)
Diecast Hot Wheels VW Beach Bomb (solopos.com)

Seri termahal dan terlangka dari diecast Hot Wheels adalah VW Beach Bomb 1969 berwarna merah muda dengan muatan papan seluncur menembus kaca belakang. Varian itu merupakan purwarupa yang hanya diproduksi kurang dari lima unit. Tak heran, kini harganya mencapai US$72.000 atau sekitar Rp700 juta.

Hingga saat ini, diecaster yang diketahui memiliki diecast Hot Wheels langka itu adalah seseorang bernama Bruce Pascal.

Pada versi selanjutnya, mobil itu telah diproduksi masal dengan banyak pilihan warna dan papan seluncur di bagian samping sehingga harganya tak semahal seri pertamanya.

Tomica

Tomica (トミカ), seperti dijelaskan dalam website tomicafci.org, diproduksi oleh Tomy Co dari Jepang. Produk ini berbeda dari Tomica World, yang merupakan mainan bermesin berbentuk kereta, kendaraan dan perlengkapan lain yang dibuat oleh Tomy Co. dari UK sejak akhir 1990’s. Kereta dan jalur kereta dari Tomica World berawal dari Plarail, yang merupakan merk dari mainan bermesin yang dibuat oleh Tomy Co. sejak 1959 tapi Tomica World lebih terfokus pada produk kereta Thomas.

Pada dasarnya mainan kendaraan bermesin dari Tomica World sama dengan Motor Tomica. Secara lebih detail, hal itu dibahas di tomicafci.org dimana dijelaskan mengenai Tomica Reguler (Tomica Regular), Variasi Tomica (Tomica Variation), Variasi (Other Variation), List Tomica (Tomica List), Galeri Tomica (Tomica Galery), Buku dan Catalog (Book & Catalog), Tempat Membeli Tomica dan lain-lain.

Variasi TOMICA

Variasi Warna/ Color Variation: Tomica memiliki variasi warna untuk setiap modelnya, ada variasi bisa karena perbedaan tahun terbitnya, atau area distribusi.

Variasi kaca/ Glass Variation: Warna kaca kendaraan pada Tomica terdapat beberapa variasi, antara lain berwarna bening, kuning atau biru.

Base Variation: Secara umum ada 2 variasi bahan antara lain yang terbuat dari plastic dan metal, namun ada beberapa variasi lain antara lain pada deskripsi nama, nomor, tahun maupun lokasi pembuatan model Tomica tersebut.

Variasi Roda/ Tire Variation: Untuk roda Tomica ada beberapa jenis yang secara umum terbagi menjadi Velg Lama dan Velg Baru, namun untuk Velg Lama terbagi lagi menjadi beberapa variasi. (Sumber: wikipedia.org, fajarbaguswp.wordpress.com, solopos.com, tomicafci.org)

Rangkaian artikel diecast: 

KOMENTAR SPAM DAN KOMENTAR YANG BERSIFAT MENYERANG PIHAK LAIN DAN/ATAU SARA, LANGSUNG KAMI HAPUS. TERIMA KASIH.