(Update) cara sukses bermain Pokemon Go ala Techniasia

Kelebihan dan kelemahan monster yang ada dalam Pokemon GO - cara bermain Pokemon Go

Siapapun paham bahwa game bikinan Niantic Labs ini memang memiliki kelemahan dari sisi poenjelasan mekanisme dan cara permainan. Akibatnya, banyak meninggalkan pertanyaan bagi para pemain, khususnya pemain baru. Nah, artikel ini sebagaimana ditulis dalam artikel techinasia.com, disajikan untuk memberikan panduan lengkap bagi para Pokemon trainer Indonesia.

Dengan tips ini Anda diharapkan bisa menjadi salah satu trainer hebat dalam waktu singkat. Siapkan diri Anda untuk segera menjadi penguasa Gym di kota tempat tinggal Anda dengan melengkapi Pokedex Anda.

Nah inilah tips dari id.techniasia.com untuk Anda.

Cara menangkap Pokemon di Pokemon GO

Cara menangkap Pokemon di Pokemon GO
Setelah selesai membuat avatar, game ini akan langsung mengajak pemain untuk menangkap monster pertama mereka lewat sebuah mini game lempar bola Pokeball yang mengingatkan Anda akan permainan Can Knockdown. Meskipun awalnya terkesan mudah, namun Niantic tidak memberikan informasi mendetail seputar indikator lingkaran yang muncul di saat Anda sedang melempar Pokeball.

Indikator lingkaran tersebut pada dasarnya merupakan penentu keberhasilan Anda selain arah dari sapuan jari saat melempar Pokeball. Apabila Anda menahan jari Anda cukup lama pada bagian layar, indikator tersebut akan mengecil dan kembali membesar hingga Pokeball tersebut Anda lemparkan ke arah monster. Semakin kecil indikator tersebut maka semakin besar kesempatan Anda untuk menangkapnya (asalkan lemparan tepat mengenainya lo ya).

Jika lemparan Anda meleset, Anda bisa mencoba untuk memungut kembali Pokeball yang terjatuh dengan melakukan tap di bagian Pokeball tersebut sebelum akhirnya hilang.

 

Indikator-Lemparan-Pokeball- cara bermain pokemon go

Satu hal lagi, saat Anda melempar Pokeball Anda juga bisa melakukan trik lemparan melengkung (Curve Ball) dengan cara sedikit memutar-mutar bola tersebut hingga muncul animasi khusus di layar. Trik untuk mendapatkan experience tambahan ini adalah cara melempar Pokeball yang cukup susah dilakukan, jadi pastikan Anda mempunyai banyak stok Pokeball agar bisa lanjut berburu Pokemon setelah memamerkan trik ini di depan teman-teman Anda.

Tip: fitur AR hanyalah gimmick yang perlu Anda matikan

Untuk efisiensi daya baterai Anda ketika bermain Pokemon GO, kami sarankan Anda untuk mematikan fitur kamera AR karena fungsinya sendiri lebih terkesan gimmick dan terkadang merepotkan pemain.

Menggunakan AR sendiri mengharuskan Anda untuk mengatur letak smartphone secara baik dan benar supaya lemparan Anda benar-benar mengenai sang Pokemon. Intinya jika Anda ingin pengalaman bermain yang lebih lama, matikan fungsi AR ini di bagian menu pengaturan atau di bagian atas kanan layar saat proses penangkapan Pokemon dimulai.

Menangkap Pokemon di level yang lebih tinggi

Menangkap Pokemon di level yang lebih tinggi - cara bermain pokemon go

 

Aksi lempar Pokeball sendiri seiring berjalannya permainan akan semakin menantang. Hal ini bisa Anda lihat dari level karakter pemain dan tinggi nilai CP (Combat Points) yang ditunjukkan di bagian atas Pokemon. Apabila percobaan melempar Anda terlalu lama dan juga sering meleset, Pokemon tersebut akan kabur dan Anda akan kehilangan kesempatan untuk mendapatkan monster tersebut.

Selain durasi melempar, pada level yang lebih tinggi, Anda juga dituntut menggunakan Pokeball tipe tertentu serta item khusus (seperti buah Berry) untuk menjinakkan monster dengan tipe juga besaran CP yang lebih bagus.

Sistem indikator lemparan game ini pun juga sedikit dirombak dengan pola warna yang memperlihatkan tingkat kesulitan dari proses menangkap Pokemon tersebut. Indikator hijau berarti Anda menghadapi monster yang relatif mudah ditangkap. Kuning artinya monster tersebut kuat dan bisa lolos dari jeratan Pokeball ka Anda, dan terakhir merah yang artinya Anda harus siap dengan resiko kehilangan Pokeball terbaik Anda.

Trik: menangkap Pikachu di awal mula permainan

Menangkap Pikachu di awal mula permainan - cara bermain pokemon go

Ingin memiliki Pikachu sebagai monster pertama kamu? Jangan khawatir karena Niantic Labs diam-diam menghadirkan makhluk kuning ini sebagai easter eggyang bisa Anda buka sendiri di awal permainan

Seandainya Anda kurang suka dengan tiga Pokemon Starter yang Anda temui di bagian awal Pokemon GO, Anda bisa menjumpai sosok Pikachu dengan bergerak kurang lebih 100 hingga 200 meter dari lokasi awal Anda memulai permainan.

Pikachu sendiri adalah monster yang menarik karena Pokemon tipe listrik adalah sesuatu yang jarang Anda jumpai di bagian awal Pokemon GO. Sayangnya untuk bisa mendapatkan Pikachu lagi adalah upaya yang langka bagi sebagian orang, jadi urusan apakah Anda akan setia menggunakan Pikachu untuk keperluan duel atau tidak, semuanya tergantung koleksi monster terkuat Anda nanti.

Tip: Jangan ragu untuk “menjual” Pokemon yang tidak Anda gunakan

Tujuan bermain Pokemon adalah melengkapi daftar Pokedex Anda dengan segala macam monster yang ada di seluruh dunia. Mengingat jumlah tas untuk menampung Pokemon Anda terbatas, maka saya sarankan Anda untuk tidak ragu-ragu “menjual” monster dengan angka CP terendah.

Anda bisa melakukannya dengan cara mengklik tombol transfer di bagian bawah profil sang monster. Dengan ini Anda bisa mendapatkan item Candy yang berfungsi untuk meningkatkan level monster sejenis di kemudian hari.


Yang perlu Anda ketahui seputar lingkungan Pokemon GO

Yang perlu Anda ketahui seputar lingkungan Pokemon GO - cara bermain pokemon goPokemon GO menggabungkan teknologi Geo-Tagging GPS sebagai medium untuk mengacak lokasi monster agar pemain termotivasi keluar rumah dan mengeksplorasi daerah sekitarnya.

Selama berkeliling, Anda akan mendapatkan notifikasi getar di handphone yang menandakan ada Pokemon liar di sekitar mereka. Setelah itu, Anda bisa menekan layar Pokemon untuk memulai proses menangkap monster seperti yang telah dijelaskan tadi.

Sayangnya game ini tidak menyediakan fungsi notifikasi layaroff screen sehingga mau tidak mau smartphone Anda harus selalu aktif menyalakan layar aplikasi ini untuk memantau perkembangan monster di sekitar.

Hal tersebut menjadi salah satu kekurangan Pokemon GO yang perlu Anda atasi dengan penggunaan power bank atau perangkat mobile charger lainnya. Jika Anda kebetulan sekali punya uang lebih, Anda bisa menggunakan gelang Pokemon GO Plus yang hingga kini baru tersedia di beberapa negara.

gelang Pokemon GO Plus

Trik: unduh peta Google Maps untuk menghemat baterai!

Salah satu trik untuk mengurangi daya konsumsi baterai game ini adalah dengan memanfaatkan fasilitas peta offline Google Maps. Sama seperti Ingress, Nianticmemanfaatkan dukungan API Google Maps sebagai peta dalam permainan Pokemon GO, jadi Anda bisa membantu sistem game ini agar tidak terus-menerus mengolah peta lokasi Anda dengan cara:

  • Unduh dan buka Google Maps
  • Pergi ke menu pengaturan
  • Pilih fitur Offline Maps dan tentukan lokasi peta yang ingin diunduh
  • Selesai! Dan baterai perangkat Anda bisa lebih hemat

Tipe Bangunan dalam dunia Pokemon GO

Tipe Bangunan dalam dunia Pokemon GO - cara bermain Pokemon GoDalam game ini lingkungan sekitar Anda disulap menjadi arena perburuan monster yang sangat luas dan juga dilengkapi dua tipe bangunan seperti arena bertarung Pokemon Gym serta lokasi checkpoint pemain bernama PokeStop. PokeStop terletak di tempat-tempat penting seperti museum, monumen, atau tempat ibadah di sekitar kota Anda sehingga Anda harus pergi ke luar rumah untuk menemukannya.

 

Setiap kali Anda berhenti di lokasi PokeStop, Anda bisa mendapatkan beragam item menarik seperti Potion, Pokeball, buah Berry, dan lainnya dengan cara memutar indikator PokeStop setiap lima menit sekali.

Indikator PokeStop - cara bermain Pokemon Go

PokeStop sendiri bisa disulap menjadi lokasi perburuan monster dengan memanfaatkan item Lure Module yang dijual di toko Pokemon GO. Dengan mengaktifkan itemtersebut, Anda serta pemain lainnya di sekitar lokasi PokeStop tersebut akan didatangi aneka Pokemon selama setengah jam dan kalian pun dapat menangkap monster tersebut tanpa perlu berkeliling mengitari kota.

 

Selain PokeStop , Anda juga akan menemukan Pokemon Gym. Tempat ini merupakan semacam outpostbagi para pemain untuk mengadu monster Pokemon mereka serta mengambil alih Gym untuk mendapatkan uang Pokecoins.

Pokemon Gym - cara bermain Pokemon Go

Gym tersebut bisa ditingkatkan dengan sering melakukan pertarungan antar satu tim (Train) guna meraih experienceatau mengalahkan tim lawan yang mencoba mengambil alih Gym Anda.

Opsi mempertahankan Gym tadi berjalan otomatis dan Anda tidak bisa melakukan apa pun selain meninggalkan Pokemon terkuat Anda untuk dikalahkan oleh tim lawan. Semakin banyak Pokemon kuat dari rekan satu tim yang menjaganya, maka semakin sulit pula upaya tim lawan untuk mengambil alih Gym tersebut.

Sekilas tentang fitur Nearby Pokemon

 

Fitur Nearby Pokemon - cara bermain Pokemon Go

Nearby Pokemon adalah salah satu fitur Pokemon GO yang cara kerjanya kurang dijabarkan secara mendetail oleh Niantic. Hingga detik ini ada banyak sekali teori yang menjelaskan cara kerja dari fitur Nearby Pokemon tapi bagi kami belum ada satu pun penjelasannya yang betul-betul berfungsi sesuai harapan kami di lapangan.

 

Kami pribadi menganggap Nearby Pokemon sebagai indikator “acak” untuk melihat monster apa saja yang saat ini sedang berada dekat dengan pemain.

Gambar Pokemon dengan gambar jejak kaki - cara bermain Pokemon Go

Jika Anda melihat ada bayangan atau gambar Pokemon dengan gambar jejak kaki hanya satu itu artinya sang Pokemon sudah cukup dekat, hanya saja Anda tidak tahu di arah hadapan mana mereka berada.

Semoga kelak saat game ini dirilis global, Niantic memberikan penjelasan yang lebih detail seputar fitur Nearby Pokemon.

Panduan #3 Battle

Panduan 3 Battle - cara bermain Pokemon Go

Lewat Pokemon GO, Niantic meninggalkan aksi pertarungan turn based ala RPG dari serialgame Pokemon klasik dan menggantinya dengan aksi duel satu lawan satu yang berjalan secara real time bagi pihak penyerang. Sayangnya saat ini Anda perlu mendatangi lokasi Pokemon Gym terdekat agar bisa melakukan duel dan Anda juga perlu memastikan jaringan internet Anda cukup kuat untuk menghindari bug yang tidak diinginkan.

 

Sepanjang duel Anda bisa melancarkan dua tipe serangan Pokemon milik Anda dengan dua cara yaitu dengan tap biasa untuk melakukan serangan pertama dan menahan jari Anda di layar (hold) guna melakukan serangan kedua.

Cara melakukan serangan - cara bermain Pokemon GoSerangan kedua adalah kemampuan spesial yang memerlukan durasi menahan layar hingga salah satu deretan bar di bagian bawah nyawa Anda penuh. Anda tidak harus mengisi menahan jari Anda di atas layar hingga semua deretan bar itu penuh, cukup satu saja.

Dalam pertarungan Pokemon GO Anda juga bisa menggerakkan monster Anda dengan cara menyapukan jari Anda ke arah kiri dan ke kanan. Dengan ini Anda bisa mencari celah untuk menyerang atau menghindari serangan spesial musuh yang ditandai dengan animasi khusus di atas layar.

Menyerang atau menghindari serangan spesial musuh - cara bermain Pokemon Go

 

Mengenal Combat Points lebih dekat

CP atau Combat Points merupakan akumulasi dari atribut monster Pokemon yang Anda punya. Angka ini mewakili statistik keseluruhan monster Anda dan umumnya dijadikan patokan pemain soal seberapa kuat level Pokemon yang mereka punya atau sedang mereka hadapi.

Meningkatkan skor CP sendiri membutuhkan Stardust dan Pokemon Candy yang spesifik dari satu jenis monster saja. Seberapa tinggi angka CP monster tersebut bisa meningkat ditentukan oleh level Trainer pemain.

Meskipun angka CP monster Anda besar, tapi jangan jadikan ini sebagai jaminan Anda bakal menang bertarung karena tipe Pokemon (serta koneksi internet hehehe…) turut memengaruhi hasil akhir dari pertarungan.

Tip: kenali elemen Pokemon musuh sebelum mulai menyerang

Kenali elemen Pokemon musuh sebelum mulai menyerang - cara bermain Pokemon GoTentu bukan game Pokemon namanya jika Anda tidak dihadapkan dengan rumitnya mengatur elemen dari monster yang Anda adu, karena masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan terhadap tipe Pokemon tertentu. Misalnya di sebuah Gym terdapat monster Pinsir yang merupakan Pokemon jenis Bug. Monster semacam ini yang lemah terhadap Pokemon jenis api dan juga batu, sehingga untuk mengalahkannya Anda perlu memakai monster dari tipe tersebut.

Untuk daftar lengkap soal kelebihan dan kelemahan monster yang ada dalam Pokemon GO, Anda bisa melihatnya di bawah ini.

Kelebihan dan kelemahan monster yang ada dalam Pokemon GO - cara bermain Pokemon Go

Klik pada bagian gambar untuk memperbesar

Trik: one-two step and then attack!

Sebagai pihak penyerang, Anda memiliki kesempatan yang cukup besar untuk mendominasi pertarungan duel monster dalam Pokemon GO. Berhubung lawan Anda dikendalikan secara otomatis oleh komputer, Anda lebih leluasa untuk berstrategi dalam bertarung salah satunya dengan teknik menghindar satu atau dua langkah lalu kemudian menyerang.

Perlu diingat pula bahwa trik ini tidak selamanya bisa membuat Anda memenangkan pertarungan. Terkadang faktor kecepatan internet mobile juga menjadi halangan kecil yang membuat Anda susah untuk menghindari serangan musuh di bagian awal pertarungan. Intinya jangan menyerah. Jika Anda sudah gatal untuk menang, melakukan tap di atas layar secara membabi buta bisa menjadi opsi terakhir Anda untuk memenangkan pertarungan.

Trik one-two step and then attack - cara bermain Pokemon Go

Pertanyaan umum lainnya

Tanya (T): Apakah saya bisa bertukar monster Pokemon dengan pemain lain?
Jawab (J): Bisa! Tetapi tidak untuk sekarang karena Niantic sendiri berencana mengimplementasikan fitur ini ke dalam update gameplay berikutnya.

T: Saya pengguna Android, adakah cara untuk mengunduh Pokemon GO selain lewat situs penyedia APK?
J: Ada yaitu melalui jalur VPN. Tetapi cara ini tidak jaminan berhasil dan alur yang Anda tempuh sangatlah tidak efisien. Untuk detail lebih lengkapnya bisa Anda lihat di sini.

T: Seperti apa spesifikasi smartphone yang cocok menjalankan Pokemon GO?
J: Pastikan ponsel Android Anda minimal sudah dibekali OS 4.4 (Android KitKat), RAM 2 GB ke atas dan GPU yang mumpuni untuk game bergrafis 3D.

T: Saya pengguna smartphone Android dengan chipset Intel, saya sudah mengunduh APKPokemon GO tetapi saya tidak bisa menjalankannya
J: Anda mungkin mengunduh APK versi 1.0, coba unduh versi terbaru dari APK tersebut. Beberapa smartphone dengan chipster Intel sudah bisa memainkan Pokemon GOsekarang. Ingat! Hanya ada beberapa (belum support semua model).

T: Apakah saya bisa bermain lebih dari satu akun?
J: Bisa, untuk memulai akun baru, Anda perlu log-out terlebih dahulu dari akun Pokemon GOdan masuk lagi memakai akun Google baru yang telah Anda persiapkan sebelumnya. Dengan ini Anda bisa bergabung bersama tim lain atau mendukung tim yang telah Anda masuki sebelumnya (ini bisa menjadi trik untuk menjaga sebuah Gym dengan satu smartphone).

T: Di daerah rumah saya tidak ada Pokestop dan Gym, apa yang bisa saya lakukan?
J: Kemungkinan daerah Anda belum pernah dijelajahi oleh pemain game Ingress buatan Niantic sebelumnya. Jika hal ini menimpa kota ka Anda, Anda bisa meminta pihak Niantic untuk dibuatkan Gym atau PokeStop dengan mengisi formulir ini.

Demikianlah tips update cara bermain Pokemon Go dari id.techniasia.com yang ditulis oleh Rizky Maulana.

Semoga bermanfaat.

KOMENTAR SPAM DAN KOMENTAR YANG BERSIFAT MENYERANG PIHAK LAIN DAN/ATAU SARA, LANGSUNG KAMI HAPUS. TERIMA KASIH.